Jumat, 12 April 2013

Penemuan Patung Pendiri Agama Buddha

adplus
Dalam reruntuhan sebuah biara Buddha di Afghanistan, para arkeolog telah menemukan sebuah patung batu yang tampaknya menggambarkan pangeran Siddhartha sebelum ia mendirikan agama Buddha.

Patung batu atau prasasti, ditemukan di lokasi Mes Aynak di sebuah biara hancur pada tahun 2010, tetapi tidak dianalisis dan dijelaskan sampai sekarang. Gerard Fussman, seorang profesor di College de France di Paris, dalam rincian studinya yang berjudul “Ikonografi Awal dari Avalokitesvara” (College de France, 2012).

Patung yang berdiri dengan tinggi 11 inci (28 cm) dan diukir dari sekis. Prasasti itu menggambarkan seorang pangeran bersama seorang biarawan. Berdasarkan koin perunggu yang telah ditemukan di dekatnya, Fussman memperkirakan patung itu berasal dari 1.600 tahun lalu. Sedangkan Siddharta hidup pada masa 25 abad yang lalu.

Pangeran yang ditampilkan duduk di bangku rotan bulat, matanya melihat ke bawah dan kaki kanannya menyilang ke lutut kirinya. Dia dibalut dhoti (sejenis pakaian), dengan sorban, memakai kalung, anting-anting dan gelang, duduk di bawah dedaunan pohon pipal. Pada bagian belakang sorban, dua ruban besar tersemat dari kepala ke bahu , “tulis Fussman dalam buku barunya yang berjudul ”The turban is decorated by a rich front-ornament, without any human figure in it.”

sumber: msnbc

Tidak ada komentar:

Posting Komentar