Jumat, 12 April 2013

Penemuan Planet Terbesar Melebihi Jupiter

adplus
Penemuan planet terbesar melebihi Jupiter itu memiliki sebutan planet super Jupiter. Penemuan planet terbesar itu kini sedang diteliti lebih lanjut oleh para peneliti. Penemuan planet terbesar itu ditemukan menggunakan teleskop luar angkasa High Contrast Instrument, bernama Subaru Next Generation Adaptive Optics (HiCIAO) dan Infrared Camera and Spectrograph (IRCS) di Jepang.

Planet super Jupiter itu memiliki ukuran berat 13 kali lipat lebih besar dari massa Jupiter. Namun para peneliti masih membutuhkan penelitian lebih dalam agar bisa menentukan apakah planet ini merupakan planet masif atau malah sebuah bintang gagal.
Objek luar angkasa ini juga umumnya dikenal sebagai brown dwarfs (kurcaci cokelat) yang merupakan bagian dari sampah bintang. Ilmuwan mengatakan bahwa brown dwarfs mampu memiliki cahaya yang bisa keluar sendiri.
Besarnya brown dwarfs kemungkinan menghasilkan panas dari rendahnya tingkat fusi deuterium di bagian inti. Oleh karena itu, instrumen inframerah yang peka seperti Subaru IRCS diperlukan untuk menangkap langsung objek luar angkasa tersebut.
sumber: space

Tidak ada komentar:

Posting Komentar