Jumat, 12 April 2013

Ponsel Canggih Masa Depan

    Berbicara mengenai perkembangan teknologi setiap waktu teknologi selalu berkembang. Produk inovatif dan multifungsi merajai pasaran diberbagai pelosok negri. Faktanya ribuan produk elektronik canggih membanjiri tanah air kita dan menguasai pasar dalam negri, khususnya teknologi ponsel atau hanphone. Ada banyak ponsel dengan berbagai fitur canggih dan memiliki daya tarik tersendiri. Dimulai dengan fitur yang sederhana sampai yang super canggih, tentunya dengan harga yang bersaing. Pada tahun 2013 ini samsung mengeluarkan ponsel terbarunya yaitu Samsung Galaxy S IV. S IV yang menjadi penerus Galaxy S III dirumorkan memakai teknologi layar Amoled full HD. 
Resolusinya menjanjikan tampilan gambar yang sangat jernih, 1920 x 1080 pixel. Konon, Galaxy S IV akan ditenagai oleh sepasang prosesor Cortex-A15 dan Cortex-A7 yang masing-masing prosesornya telah mengusung 4 core di dalamnya. Namun jangan salah mengira, sebab Samsung bukannya menggunakan dua buah CPU, melainkan menggabungkan kedua prosesor tersebut dalam satu chip atau biasa diistilahkan SoC. Meski digabung dalam satu chip, kedua prosesor yang disematkan sebenarnya bekerja sendiri-sendiri sehingga belum dapat disebut sebagai prosesor 8 core.
Samsung adalah salah satu produk yang merajai pasar ponsel indonesia dengan kecanggihan dan harga yang terjangkau bagi mayoritas konsumen indonesia. Ini hanya salah satu contoh saja. Menurut saya pribadi ini saja sudah lumayan canggih, lantas bagaimana teknologi ponsel dimasa yang akan datang ? Pastinya akan lebih canggih dari ponsel saat ini. 

PaperPhone

    Pernahkah Anda membayangkan ada ponsel atau hanphone dengan ketipisan menyerupai kertas ? Sebuah ponsel pintar dibuat dengan kertas elektronik telah didemonstrasikan oleh para peneliti di Kanada. Ponsel yang disebut PaperPhone itu begitu fleksibel dan dapat dikendalikan dengan membengkokkannya, menulis di atasnya bahkan dapat digunakan layaknya perangkat layar sentuh. PaperPhone dibuat untuk menunjukkan bagaimana orang menggunakan perangkat yang fleksibel. Ponsel dibuat oleh kolaborasi antara para peneliti dari Universitas Queen di Kingston, Kanada dan Universitas Arizona di AS, bersama peneliti dari E-Ink Corporation.
“Ini adalah masa depan. Semuanya akan terlihat dan terasa seperti ini dalam lima tahun (kedepan),” kata Roel Vertegaal, direktur dari laboratorium media manusia di Universitas Queen yang mengatakan “Komputer ini terlihat, tersa, dan beroperasi seperti lembaran kecil kertas interaktif.”

Ponsel Hologram

Pernahkah Anda berfikir akan ada ponsel ditangan Anda ? Apa yang akan anda lakukan ? he
Prediksi ponsel masa ddengan kecanggihan yang membahana akan segera terwujud dan merajai pasar ponsel dunia. Keren kan ? 
    Ada banyak prediksi mengenai bagaimana ponsel dimasa yang akan datang. Bahkan ada rumor ponsel dimasa yang akan datang akan langsung tertancap didalam otak kita. Jadi, ketika kita ingin menelepon teman,kerabat atau pun pacar kita langsung bisa menghubunginya lewat otak kita dan orang yang Anda hubungi akan kontak langsung dengan otak kita. Ya mungkin ini lebih mirip dengan telepati. Tapi apa jadinya jika teknologi tersebut bisa dinikmati oleh masyarakat diseluruh penjuru dunia. Tentunya akan ada dampak negatif dan positif yang terjadi pada masyarakat berkaitan dengan kemajuan teknologi. 
    Masih banyak lagi prediksi-prediksi yang telah dan akan terjun dipasar teknologi ponsel dunia.  
Seperti :

Koran Elektronik
Biasanya koran terbuat dari kertas, tapi apa jadinya jika koran tersebut bernuansa elektronik dan memiliki layar sentuh yang sangat mengagumkan. Kemungkinan teknologi koran ini akan berpacu pada teknologi web. Jadi kita tidak perlu repot-repot menunggu kiriman koran harian. Karena dengan teknologi web tidak akan ada banyak kendala dalam pengiriman informasi-informasi. Selain itu dengan teknologi tersebut dapat menghemat waktu dan biaya.
Ponsel Sensor Tubuh
Ketika sakit biasanya kita ke dokter, ada kemungkinan ponsel dimasa yang akan datang,  bisa menganalisis penyakit manusia dengan sensor yang dimilikinya, kemudian memberikan solusi tentang penyakit tersebut. Waw keren kan ? Sistem pendukung keputusan yang akurat dan inovatif yang tertanam dalam teknologi ponsel ini akan segera bisa dinikmati oleh masyarakat dunia. Mudah-mudahan kita salah satunya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar