Kamis, 11 April 2013

Sejarah Visual Basic dan Perkembangan VB

Sejarah Visual Basic dan Perkembangan VB. Bahasa pemograman Visual Basic sangatlah terkenal dan populer hingga kini, kesuksesan dan kemudahannya dalam mendesain suau palikasi untuk Windows tak lepas dari Sejarah Visual Basic dan tim pengembangnya dalam menyempurnakan aplikasi ini, berikut artikel terkait mengenai Sejarah Visual Basic dan Perkembangan Visual Basic

Apa Itu BASIC?
Sebelum berbicara lebih lanjut mengenai Sejarah VisualBasic, ada hal yang harus anda ketahui terlebih dahulu, yakni mengenai bahasa BASIC itu sendiri, jangan anggap Visual Basic itu hanya seperti nama keren yang dibuat oleh suatu perusahaan developer (Microsoft) untuk mempopulerkan bahasa pemograman tersebut, dan perlu anda ketahui juga, dulu BASIC ini seperti bahasa pemograman untuk “Anak-Anak”, karena terlalu dasar untuk dipelajari, mulai dari hasil analisa, pemikiran, logartma, persamaan dan fungsi-fungsi awalnya, semua hanya di peruntungkan untuk seorang pemula (noobs / nobbie pemograman).
BASIC adalah nama bahasa pemograman yang merupakan singkatan dari “Beginner's All purpose Symbolic Instruction Code” atau jika dibahasa indonesiakan, BASIC dapat diartikan sebagai bahasa pemograman untuk tujuan pelatihan programming pemula. Bahasa BASIC ini dikembangkan dan disempurnakan oleh seorang professor developer yang cukup terkenal pada masanya (hingga kini juga dikenal sebagai salah satu yang ahli dibidangnya), yakni Prof Kemeny, tak melupakan juga teman / rekan sekerjanya yakni, Kurtz. Pertama kali bahasa pemograman ini dubuat dan diperkenalkan di Dartmouth College.  Mereka berdua memperkenalkan bahasa pemograman Basic ini pada tahun 1963 dan merupakan bahasa pemograman terkenal pada tahun 1980 an.
Sejarah Basic pun berlanjut, setelah diperkenalkan bahasa pemograman BASIC ini, banyak perusahaan terkenal menggunakan bahasa pemograman nya sebagai pilihan untuk mendevelop software yang sesuai dengan aplikasi yang dibutuhkan oleh perusahaan tersebut. Perlu anda ketahui juga bahwa, BASIC ini digunakan oleh Bill Gates dan Paul Allen untuk membuat Komputer PC pertama, yakni MITS Altair 8800, Komputer pertama yang dikenal oleh banyak orang sebagai Komputer pertama di dunia dengan atau diimplementasikan dalam bentuk bahasa mesin.
Sejarah Visual Basic dari awal Perkembangan Visual Basic

Visual Basic adalah salah satu jenis bahasa pemograman yang terkenal oleh kemudahannya dan merupakan percampuran serta pengembangan dari dua fitur pemograman, yakni bahasa pemograman BASIC dan juga interface GUI. Bahasa Pemograman visual basic ini, jika dilihat dari sejarah Visual Basic, di ciptakan pada tahun 1991 ketika VB 1.0 terbentuk, seperti yang sudah saya bilang sebelumnya, bahasa VB ini mempunyai core dasar bahasa BASIC.  Meski Visual Basic ini dikatakan dirilis pada tahun 1991, pengembangan awal, mulai dari development, testing, bug testing, hingga perkembangan dari versi alpha, beta, hingga di riliskan nya aplikasi pemograman Visual Basic ini, sejarah juga mencatat, perkembangan awal terdahulunya, dimulai pada tahun 1987, pada saat itu Visual Basic ini hanya berbentuk visual saja, tapi tidak ada bahasa pemograman yang tertanam didalamnya, alias software tanpa fungsi yang jelas arah perkembanganny akan kea rah mana, apalagi VB 1.0 ini harus bertarung dengan banyaknya bahasa pemograman yang sangat popular pada zaman itu, seperti pascal, C, C++, dan sebagainya,  hingga pada akhirnya setelah VB 1.0 tidak mendapat apresiasi yang cukup untuk pengembangan selanjutnya, akhirnya pada versi VB 2.0 yakni yang dirilis pada tahun 1991 dengan didukung pengembangan bahasa BASIC yang lebih baik, maka terjadilah perubahan besar pada Sejarah Visual Basic di dunia pemograman. Kebanyakan media yang menuliskan Sejarah Visual Basic dari awal pengembangannya dimulai pada tahun 1991 dikarenakan, pada tahun itu dan versi 2.0, VB ini baru terlihat “taringnya” dan kehebatannya dibandingkan bahasa pemograman yang lainnya.

Perkembangan dari Sejarah Visual Basic ini pun berlanjut, setelah berhasil mengembangkan tampilan drag dan drop GUI, Alan Cooper bersama perusahaan nya Tripod, dan juga setelah Microsoft mempersatukan pengembangan perusahaan Tripod dan bahasa BASIC, perkembangan bahasa visual basic mulai ke ranah yang jauh lebih besar, berkembang dan sungguh pesat kemajuan yang dialaminya.
Tak bisa dipungkiri bahwa perkembangan Visual Basic ini terasa sangat cepat, dikarenakan berbagai kemudahan dan ditambah lagi tampilan yang memudahkan seorang developer pemula untuk mendesain program yang berguna dalam waktu yang relatif singkat namun kebanyakan tanpa bugs, hal ini dibandingkan dengan pembuatan program yang sejenis dengan bahasa pemograman seperti pascal dan C, yang waktu itu dibutuhkan waktu berhari-hari untuk menyelesaikannya, tapi dengan visual basic hal tersebut, dipermudah bahkan dipercepat jauh lebih cepat dibandingkan sebelumnya. Selain itu, dengan didukungnya perangkan tambahan seperti plug-in – plug-in, penggunaan OLE seperti halaman kerja exel, dan sebagainya, benar - benar mengubah cara pemograman yang ada.
Perkembangan Versi Visual Basic dari Waktu ke Waktu
Perkembangan Visual Basic bisa dibagi menjadi dua orde yakni, versi Non .NET dan Versi Supporting .NET
NON .NET
VB 1.0
VB 2.0
VB 3.0
VB 4.0
VB 5.0
VB 6.0
.NET VERSION
VB 7.0
VB 8.0
VB 9.0
 
BY: SAMLYOT HUTASOIT

Tidak ada komentar:

Posting Komentar